News / Tips / 4 Hal yang Menyebabkan Pentil Ban Motor Cepat Rusak

Category

News
Tips
Events
News / Tips / 4 Hal yang Menyebabkan Pentil Ban Motor Cepat Rusak
4 Hal yang Menyebabkan Pentil Ban Motor Cepat Rusak
Friday, Mar 02 2018
Dibandingkan bagian motor lainnya, pentil ban mungkin merupakan salah satu komponen yang paling jarang diperhatikan kondisinya. Wajar, mengingat komponen satu ini memang seringkali kotor dan ukurannya cukup kecil. Namun, dibalik bentuknya yang sederhana, pentil ban sebenarnya memiliki peran penting untuk menjaga tekanan udara dalam ban tetap stabil. Jika fungsinya terganggu, ban motor Anda dapat menjadi tidak stabil dan membahayakan.
Banyak hal yang dapat mempengaruhi kondisi pentil ban motor Anda. Namun, beberapa hal berikut merupakan yang paling penting untuk Anda ketahui.
 
Posisi Pemasangan Pentil yang Salah
Saat proses tambal ban, posisi pemasangan pentil yang salah atau kurang sesuai dapat membuat seal dan karet-karet pada pentil menjadi longgar. Seal yang longgar membuat udara tidak lagi tertahan secara optimal di dalam ban. Jika ban Anda mulai sering kempes meskipun tidak terdapat lubang, kemungkinan besar penyebabnya adalah kondisi pentil yang mulai rusak.
 
Jarang Dibersihkan Setelah Hujan
Jika Anda jarang membersihkan motor Anda setelah berkendara di tengah hujan, terlebih saat banjir, campuran air dan pasir yang menempel pada ban dapat merusak pentil. Kotoran yang mengendap tersebut lama-kelamaan dapat menyebabkan pentil menjadi korosi dan menimbulkan lubang-lubang halus yang dapat menyebabkan ban kempes.
 
Penggunaan Tutup Pentil yang Salah
Tutup pentil berfungsi menghalangi masuknya kotoran ke bagian dalam pentil. Namun, bahannya yang seringkali terbuat dari plastik menyebabkan tutup pentil mudah getas, terlebih jika motor Anda sering terkena panas terik matahari dan hujan. Untuk menghindarinya, Anda dapat mengganti tutup pentil motor Anda dengan bahan yang lebih kuat seperti logam. Bagi pengendara motor klasik dan motor retro seperti Kawasaki W175 dari Kawasaki Motor Indonesia, penggunaan tutup pentil bergaya retro juga dapat meningkatkan penampilan motor Anda.
 
Tekanan Angin dalam Ban yang Berlebihan
Ban yang kempes akan membuat motor terasa berat. Namun, jika diisi berlebihan, tekanan angin yang terlalu besar justru dapat merusak komponen pentil. Nah, untuk menghindari ban terlalu keras atau kempes, motor-motor Kawasaki selalu dilengkapi petunjuk tekanan angin optimal pada tiap ban, sehingga Anda dapat berkendara dengan nyaman dan aman.
© 2017 Kawasaki. All Rights Reserved.