News / Tips / Cara Mudah Deteksi Kondisi Mesin Dari Ujung Elektroda Busi

Category

News
Tips
Events
News / Tips / Cara Mudah Deteksi Kondisi Mesin Dari Ujung Elektroda Busi
Cara Mudah Deteksi Kondisi Mesin Dari Ujung Elektroda Busi
Monday, Jul 16 2018
Para bikers tentu sudah mengetahui bahwa mesin motor akan bekerja secara optimal jika memenuhi tiga kondisi, yaitu campuran bahan dan udara yang tepat, kompresi yang baik, serta produksi percikan api yang sempurna dari busi.

Saat ketiga kondisi tersebut tidak tercapai dengan maksimal, maka proses pembakaran dalam mesin akan berlangsung kurang baik dan menyebabkan performa mesin menurun. Jika tidak segera diperbaiki, bukan tidak mungkin kondisi mesin akan semakin memburuk dan rusak, terutama pada motor retro dan motor klasik dengan usia mesin yang sudah mulai berumur.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendeteksi kondisi pembakaran mesin motor Anda. Salah satunya adalah dengan memeriksa perubahan warna dan keadaan pada ujung pengapian atau elektroda busi motor Anda setelah digunakan selama beberapa waktu.

Jika mesin Anda bekerja secara optimal, maka kemungkinan besar Anda akan menemukan ujung elektroda busi yang berwarna kecokelatan atau merah bata. Namun, jika warna elektroda justru terlihat menghitam, kemungkinan campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin tidak seimbang. Warna hitam seperti ini menunjukkan kelebihan asupan bahan bakar ke ruang mesin, yang menyebabkan bahan bakar tidak terbakar sempurna dan menyebabkan mesin menjadi boros.

Sebaliknya, jika jumlah udara yang masuk lebih banyak dibandingkan bahan bakar, ujung elektroda busi akan terlihat memutih. Jika hal ini terjadi, kemungkinan besar konsumsi bahan bakar akan menjadi sedikit lebih irit. Namun, kandungan udara yang terlalu besar akan membuat mesin menjadi sangat panas dan mudah mengalami overheat. Tentunya hal ini sangat tidak baik bagi komponen-komponen mesin.

Sementara itu, jika ujung elektroda busi terlihat menghitam dan dipenuhi residu oli yang lengket, kemungkinan besar mesin motor Anda mengalamai kebocoran oli. Hal ini dapat menandakan kerusakan pada bagian ring atau liner piston yang tidak lagi kedap dan mulai bocor. Jika jumlah oli yang masuk ke ruang mesin terlalu banyak, mesin akan terasa berat dan mulai mengeluarkan asap putih dari knalpot.

Untuk mengatasi masalah tersebut, segeralah bawa motor Anda ke bengkel terdekat. Bagi pengendara motor Kawasaki dari Kawasaki Motor Indonesia, Anda dapat membawa motor Anda ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan servis dan perawatan mesin motor agar tidak terjadi kerusakan lebih lanjut.
© 2017 Kawasaki. All Rights Reserved.