News / Tips / Hindari 3 Kebiasaan Berikut Saat Memanaskan Mesin Motor Anda

Category

News
Tips
Events
News / Tips / Hindari 3 Kebiasaan Berikut Saat Memanaskan Mesin Motor Anda
Hindari 3 Kebiasaan Berikut Saat Memanaskan Mesin Motor Anda
Wednesday, Jan 24 2018
Jika Anda ingin berolahraga, tentu Anda akan melakukan pemanasan terlebih dahulu bukan? Demikian pula dengan motor Anda. Sebelum dapat diajak berlari di jalanan, mesin motor Anda juga perlu dipanaskan terlebih dahulu.
Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara yang benar untuk memanaskan mesin motornya. Meski terlihat sederhana, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari saat memanaskan mesin motor kesayangan Anda. Berikut tiga diantaranya.
 
Terlalu Lama Memanaskan Motor
Banyak orang menganggap, semakin lama mesin dipanaskan maka performanya akan semakin baik, terutama jika mesin dihidupkan di pagi hari yang dingin. Padahal, hal itu sebenarnya kurang tepat. Terlalu lama memanaskan motor dapat mengakibatkan mesin mengalami overheat, sebab tidak ada udara mengalir yang mendinginkan heatsink atau radiator.
Selain itu, mesin yang terlalu panas juga menghasilkan polusi berlebih karena pembakaran jadi tidak sempurna, terlebih pada mesin-mesin motor klasik dan motor retro yang sudah berumur. Solusinya, panaskan mesin selama 1-2 menit sebelum mulai digunakan. Tidak perlu terlalu lama.
 
Langsung Menggeber Mesin Setelah Dipanaskan
Jika Anda ingin mesin motor Anda awet, jangan pernah menggeber mesin motor yang baru saja dinyalakan. Sebab hal itu akan menyebabkan suhu mesin tiba-tiba melonjak drastis dan menyebabkan metal pada piston dan cylinder head memuai secara tidak merata.
Selain itu, sirkulasi oli pada mesin perlu waktu beberapa saat untuk bekerja sepenuhnya. Menggeber motor pada kondisi mesin baru menyala akan memberi beban sangat berat pada mesin, karena sistem pelumasannya belum bekerja dengan baik. Untuk itu, tidak perlu memaksa mesin untuk cepat panas. Setelah menyalakan mesin selama 1 – 2 menit, mulailah berkendara dengan kecepatan rendah hingga sedang. Usahakan agar putaran mesin tidak sampai terdengar meraung agar beban dan suhu mesin meningkat perlahan ke kondisi optimalnya.
 
Memanaskan Motor di Posisi Standar Samping
Kebiasaan satu ini seringkali dilakukan oleh banyak orang. Padahal, memanaskan motor dengan kondisi miring akan mempersulit sirkulasi oli untuk dapat bekerja dengan baik. Hal ini dikarenakan posisi oli pada tabung penyimpanan cenderung miring ke satu sisi.
Untuk itu, sebagian besar motor-motor Kawasaki dari Kawasaki Motor Indonesia dilengkapi standar tegak agar Anda dapat memanaskan motor dalam posisi yang optimal.
© 2017 Kawasaki. All Rights Reserved.