News / Tips / Jangan Salah Pilih! Ini Bedanya Jaket Water Repellant dan Waterproof

Category

News
Tips
Events
News / Tips / Jangan Salah Pilih! Ini Bedanya Jaket Water Repellant dan Waterproof
Jangan Salah Pilih! Ini Bedanya Jaket Water Repellant dan Waterproof
Wednesday, May 30 2018
Memilih jaket berkendara yang tahan cuaca adalah hal yang sangat penting bagi bikers. Saat hujan tiba-tiba turun, jaket yang Anda kenakan harus mampu menjaga pakaian dan badan Anda tetap kering di baliknya.

Terdapat dua macam pilihan jaket tahan air yang paling umum, yaitu yang berbahan water repellant dan waterproof. Meski sama-sama berfungsi untuk membuat jaket tahan air, kedua bahan ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup besar.

Dilihat dari namanya, water repellant dapat diartikan sebagai bahan yang ‘menolak air’. Jaket dengan label ini biasanya dilengkapi dengan lapisan bahan kimia khusus yang bersifat hidrofobik alias menolak air. Meski demikian, kebanyakan bahan water repellant ini sifatnya tidak permanen. Dengan begitu, lama-kelamaan bahan water repellant pada jaket dapat kehilangan fungsinya dan membuat jaket tidak lagi tahan air.

Sementara itu, jaket dengan label waterproof biasanya memiliki kemampuan kedap air yang lebih baik. Sebab, jaket jenis ini dibuat menggunakan bahan tekstil khusus yang memang tidak dapat ditembus oleh air, bukan hanya mengandalkan lapisan hidrofobik.

Perbedaan lain antara kedua jenis jaket ini juga dapat dilihat dari peletakan bahan anti air pada struktur jaket. Lapisan water repellant hampir selalu dipasang di bagian luar jaket. Sementara pada jaket berjenis waterproof, lapisan kedap airnya justru banyak dipasang di bagian dalam. Beberapa jenis lapisan waterproof yang cukup populer adalah polyurethane coating dan milky coating.

Bagi Anda yang menyukai motor klasik dan motor retro seperti Kawasaki W175 dari Kawasaki Motor Indonesia, desain jaket tentu juga tidak kalah penting. Khusus untuk hal ini, Anda dapat mempertimbangkan kedua bahan tersebut sesuai kebutuhan Anda.
Jaket water repellant biasanya lebih fleksibel dan memiliki desain yang lebih beragam serta harga cukup terjangkau. Meski demikian, jaket semacam ini tidak benar-benar menjamin pemakainya terhindar dari rembesan air hujan.

Sementara jaket berjenis waterproof kemungkinan besar desainnya terasa lebih berat, kokoh, dan harganya lebih mahal. Sebab, untuk membuat jaket benar-benar kedap air, bahan-bahan waterproof yang digunakan dapat terdiri hingga beberapa lapis.

Dengan mengetahui perbedaan kedua jenis bahan tersebut, maka Anda dapat menentukan pilihan jaket yang lebih nyaman dan sesuai untuk Anda kenakan sehari-hari. Yang jelas, selain dapat melindungi tubuh, jaket yang Anda pilih juga harus nyaman agar konsentrasi Anda tidak terganggu. Happy riding, bro!
© 2017 Kawasaki. All Rights Reserved.