News / Tips / Sering Mengganti Jenis Bahan Bakar dapat Merusak Mesin Motor Anda

Category

News
Tips
Events
News / Tips / Sering Mengganti Jenis Bahan Bakar dapat Merusak Mesin Motor Anda
Sering Mengganti Jenis Bahan Bakar dapat Merusak Mesin Motor Anda
Wednesday, Jul 04 2018
Pernahkah Anda mengganti-ganti jenis bahan bakar motor Anda? Jika pernah atau malah sering melakukannya, Anda perlu berhati-hati. Sebab, mengganti-ganti jenis bahan bakar, terutama dari RON (Research Octane Number) tinggi ke rendah, atau sebaliknya dapat menyebabkan mesin motor cepat rusak.

Hal ini disebabkan perbedaan karakter tiap jenis bahan bakar akan mempengaruhi proses ledakan yang terjadi pada ruang bakar mesin. Semakin tinggi RON bahan bakar, tenaga yang dihasilkan akan semakin besar. Efeknya, tekanan pada ruang bakar mesin pun akan semakin besar pula.

Dengan begitu, penggantian jenis bahan bakar yang terlalu sering akan mengacaukan distribusi tenaga dalam ruang bakar mesin. Terlebih, bahan bakar yang berbeda dapat tercampur dan menimbulkan karakter bahan bakar yang semakin tidak terkontrol.

Salah satu tanda yang paling dapat dikenali dari penggunaan bahan bakar yang tidak tepat ini adalah munculnya knocking pada mesin. Knocking merupakan fenomena di mana bahan bakar terbakar sebelum atau sesudah posisi piston mencapai titik kritis. Akibatnya, performa mesin menjadi tidak maksimal dan menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Selain itu, knocking juga dapat membuat komponen mesin cepat aus karena mendapat tekanan lebih besar dari seharusnya. Hal ini dapat memicu kerusakan besar yang membuat motor Anda harus turun mesin. Tentunya, Anda tidak menginginkan mesin motor klasik dan motor retro yang telah Anda rawat harus rusak karena hal sepele seperti ini bukan?

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sebaiknya, gunakan bahan bakar dengan nilai RON sesuai yang direkomendasikan oleh spesifikasi motor Anda. Sebab, jenis mesin yang berbeda akan memerlukan jenis bahan bakar yang berbeda pula.

Untuk motor-motor Kawasaki dari Kawasaki Motor Indonesia, jenis bahan bakar yang direkomendasikan untuk tiap model motor dapat Anda temukan di buku panduan motor. Anda juga dapat berkonsultasi serta meminta pendapat para teknisi ahli Kawasaki saat melakukan servis rutin.
Dengan menggunakan bahan bakar yang tepat, motor Anda akan semakin awet dan terjaga performanya.
© 2017 Kawasaki. All Rights Reserved.