News / Tips / Waspada Oli Motor Anda tercampur Air, Bersihkan dengan Cara Ini

Category

News
Tips
Events
News / Tips / Waspada Oli Motor Anda tercampur Air, Bersihkan dengan Cara Ini
Waspada Oli Motor Anda tercampur Air, Bersihkan dengan Cara Ini
Monday, Mar 19 2018
Di tengah perubahan cuaca yang tak menentu seperti sekarang, hujan lebat bisa terjadi sewaktu-waktu. Efeknya, genangan air hingga banjir pun makin sulit dihindari. Bagi pengendara motor klasik dan motor retro, banjir dapat menjadi cukup membahayakan. Sebab, air banjir yang merendam kompartemen mesin dapat masuk dan tercampur dengan oli.

Jika dibiarkan terlalu lama, oli yang tercampur air ini dapat merusak mesin motor Anda. Sebab, air akan menyebabkan oli menjadi keruh dan kehilangan kemampuan pelumasannya. Selain itu, kotoran yang ada di air banjir juga dapat mengendap dan menyumbat saluran-saluran sempit di mesin Anda. Sehingga, agar mesin tidak rusak, Anda harus melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi oli setelah melewati banjir.

Salah satu indikator oli mesin Anda terkontaminasi air adalah munculnya perubahan warna dan tekstur pada oli. Sering dikenal sebagai milky oil, oli yang telah tercampur air akan berubah warna menjadi abu-abu kusam atau agak cokelat. Teksturnya pun akan terlihat berbeda dan terasa lebih kasar. Jika hal ini mulai terlihat, sebaiknya segera matikan mesin motor Anda dan biarkan beberapa saat.

Anda juga dapat mengeluarkan oli mesin Anda dan menempatkannya dalam wadah transparan. Jika terlihat gelembung air atau lapisan air di dasar wadah oli, dapat dipastikan air telah memasuki mesin motor Anda.

Untuk menanggulanginya, Anda dapat melakukan proses flushing pada kompartemen tangki oli motor Anda. Caranya, Anda harus terlebih dulu menguras seluruh oli yang ada di mesin Anda. Jika Anda memiliki kompresor dan air blow gun, Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan sisa-sisa oli yang sulit keluar.

Setelahnya, masukkan oli baru dan nyalakan mesin selama beberapa saat agar oli tersirkulasi. Jika sudah, kuras kembali oli tersebut sampai bersih dan perhatikan apakah masih ada tanda-tanda campuran air. Jika tidak, maka Anda bisa memasukkan lagi oli baru yang bersih dan mesin motor Anda dapat digunakan kembali.

Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran atau kurangnya oli dalam mesin, Kawasaki Motor Indonesia sangat menyarankan agar Anda selalu melakukan servis rutin sesuai buku panduan. Sehingga, masalah pada motor Anda dapat segera dideteksi dan tidak menimbulkan kerusakan yang semakin besar.
 
© 2017 Kawasaki. All Rights Reserved.